Virus Herpes Bisa Jadi Penyebab Penyakit Alzheimer

Virus Herpes Bisa Jadi Penyebab Penyakit Alzheimer

Lebih dari 30 juta orang di semua dunia menderita penyakit alzheimer. Hingga ketika ini tidak terdapat obat yang dapat mengatasi penyakit tersebut, melulu ada obat guna meredakan gejala.

Namun, riset terbaru mengindikasikan bahwa virus herpes dapat menjadi penyebab penyakit alzheimer. Ini dengan kata lain obat antivirus yang efektif dan aman bisa mengobati penyakit alzheimer dan bahkan memvaksinasi anak-anak supaya terhindar dari penyakit ini.

Dilansir dari Independent, virus yang tercebur dalam penyakit alzheimer adalahvirus herpes simplex tipe 1 (HSV1) atau lebih dikenal sebab menyebabkan luka dingin. Virus ini menginfeksi mayoritas orang pada umur bayi dan lantas tetap aktif di sistem saraf perifer atau unsur dari sistem saraf yang bukan benak dan sumsum tulang belakang. Terkadang, ketika seseorang stres, virus menjadi aktif dan pada sejumlah orang, situasi ini dapat menyebabkan luka dingin.

Pada tahun 1991 ditemukan tidak sedikit orang lanjut umur dengan HSV1 di otak. Penelitian selanjutnya tahun 1997 mengindikasikan bahwa situasi ini berisiko kuat mengakibatkan penyakit alzhaimer saat berada di benak orang-orang yang mempunyai gen spesifik yang dikenal sebagai APOE4. Virus bisa menjadi aktif di benak berulang kali dan menyebabkan kehancuran kumulatif. Azheimer berkembang sampai 12 kali lebih banyak pada orang dengan APOE4 dan mempunyai HSV1 di benak daripada mereka yang tidak memiliki.

Peneliti pun menemukan, infeksi HSV1 kultur sel mengakibatkan beta-amyloid dan protein abnormal menumpuk. Akumulasi protein di benak ini adalah salah satu ciri khas penyakit alzheimer. Peneliti percaya bahwa HSV1 ialah faktor donatur utama penyakit alzheimer dan pada kumpulan usia lanjut, sistem kekebalan tubuh yang menurun seiring meningkatnya usia menciptakan virus penyakit ini menyerang otak. Ini lantas membentuk infeksi laten (dorman) dan digiatkan kembali sebab stres, sistem kekebalan yang berkurang dan peradangan benak yang diakibatkan oleh infeksi oleh mikroba lain.

Data mengindikasikan bahwa antivirus dapat dipakai untuk mengobati penyakit alzheimer. Obat antivirus utama mesti aman, menangkal pembentukan virus baru, sampai-sampai membatasi kehancuran virus. Penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa obat antiherpes antiviral, asiklovir, menutup replikasi DNA HSV1, dan meminimalisir tingkat beta amyloid yang diakibatkan oleh infeksi HSV1 kultur sel.

Namun, riset ini menekankan bahwa seluruh penelitian melulu menunjukkan hubungan antara virus herpes dan alzheimer. Penelitian tidak memperlihatkan bahwa virus itu penyebab yang sebenarnya. Menariknya, pencegahan penyakit alzheimer dengan memakai antiherpes tertentu, sekarang telah diperlihatkan dalam riset populasi skala besar di Taiwan.

Baca Juga :

Author: 6ketr