Penebusan Penarikan Kembali Modal Saham PT

Penebusan Penarikan Kembali Modal Saham PT

Penebusan Penarikan Kembali Modal Saham PT

Penebusan Penarikan Kembali Modal Saham PT
Penebusan Penarikan Kembali Modal Saham PT
Jika perusahaan memperoleh kembali saham yang telah dikeluarkan, selisih antara jumlah yang dibayarkan pada saat perolehan kembali dengan jumlah yang diterima pada saat pengeluaran saham tidak diakui sebagai laba atau rugi perusahaan. Perolehan kembali saham yang telah dikeluarkan dapat dicatat dengan menggunakan cost atau par value method. Dengan cost method, saham yang diperoleh kembali dicatat sebesar harga perolehan, yang disajikan sebagai pengurang akun modal. Metode nilai nominal (par value method) lazimnya digunakan dalam hal saham yang diperoleh kembli tersebut akan dikeluarkan lagi di kemudian hari. Dengan metode ini, saham yang diperoleh kembali dicatat sebesar niali nominal saham, yang disajikan sebagai akun pengurang modal saham. Apabila saham yang diperoleh kembali tersebut semula dikeluarkan dengan harga di atas nilai pari, akun agio saham akan didebit dengan agio saham yang bersangkutan.
Dalam hal jumlah yang dibayarkan lebih besar dari pada jumlah yang diterima pada saat pengeluarannya, selisih tersebut dibukukan dengan mendebit akun saldo laba. Sebaliknya bila jumlah yang dibayarkan lebih kecil, selisihnya dianggap sebagai unsure penambah modal dan dibukukan dengan mengkredit akun tambahan modal dari perolehan kembali saham. Metode ini lazimnya digunakan bila perolehan kembali dilakukan dalam rangka penarikan saham.
Saham yang diperoleh kembali dari sumbangan lazimnya dicatat sebesar jumlah yang diterima pada saat pengeluarannya dengan mendebit akun modal saham yang diperoleh kembali dan mengkredit akun modal yang berasal dari sumbangan. Pada saat saham tersebut dijual kembali, selisih antara jumlah yang tercatat dengan harga jualnya ditambahkan pada akun modal yang berasal dari sumbangan.

Author: 6ketr