Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK
Pameran Produk Kreatif Hasil Pembelajaran Siswa SMK

Sebanyak 43 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia mengikuti Pameran Produk Kreatif

Hasil Pembelajaran Siswa SMK Tahun 2019 yang dihelat di Gedung A Graha Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (4/12).

Dari 43 SMK yang diundang dalam pameran ini, lima diantaranya berasal dari Jawa Barat (Jabar). Yaitu, SMKN 1 Ciomas, SMKN 11 Bandung, SMK TI Pembangunan Cimahi, SMKN 2 Cimahi, dan SMK Pariwisata Metland School. Tiga sekolah pertama masuk kategori SMK yang menjalankan revolusi industri 4.0, sedangkan sekolah terakhir masuk kategori SMK pencetak wirausaha.

Guru Pembimbing Perwakilan SMKN 1 Ciomas, Januar Ashari mengatakan,

pameran tersebut penting sebagai wadah memperkenalkan produk atau karya siswa SMK kepada masyarakat. Ia menilai, produk dan karya tersebut sudah bisa bersaing dengan industri ataupun negara lain. ”Beberapa SMK sudah memiliki produk yang luar biasa. Tinggal bagaimana kementerian mendukung total potensi siswa SMK yang sudah memiliki karya bagus tersebut,” tuturnya, dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar.

Melalui pameran ini, lanjut Januar, sekolah juga bisa menunjukkan proses teaching factory di sekolah masing-masing. ”Sekolah dengan pengelolaan teaching factory itu bagus dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran,” ujarnya.

Ketua Program Jurusan Animasi SMKN 1 Ciomas itu menjelaskan, materi dalam pameran

yang dibawakan oleh siswanya adalah game development. Salah satu game yang dipamerkan, yakni game ”Kids Jaman Now”, game edukasi yang dikemas ringan serta menyenangkan dan sudah bisa diakses melalui PlayStore. Ia mengaku, stan sekolahnya termasuk yang paling banyak dikunjungi, tak terkecuali Mendikbud Nadiem Makarim. ”Stan kita termasuk yang dikunjungi Pak Menteri. Beliau memainkannya sambil ketawa-ketawa karena lucu. Beliau pun bilang, ’Produknya bagus, sukses terus berkarya, ya’,” ucapnya, meniru perkataan Mendikbud.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/

Author: 6ketr