mk softskill, perlukah?

mk softskill, perlukah

Table of Contents

mk softskill, perlukah?

mk softskill, perlukah
mk softskill, perlukah

Bila hal ini ditanyakan padaku, jawabannya kemungkinan besar ada diantara “ya” dan “tidak” (apakah ada pilihan lainnya?).  Alasannya?

Pertama, tentang “tidak” (rasanya harus dimulai dari yang jelek dulu..). Mudah saja, saya orang yang pemalas. Mata kuliah apapun, kecuali Bahasa Inggris, sangat jarang menarik minat saya untuk mempelajarinya, terutama mata kuliah yang materinya bagi saya sangat ketinggalan jaman. Sudah tahu itu adalah materi yang sulit diikuti oleh mahasiswa, mengapa masih saja ada dosen yang tidak bisa menyesuaikan materi yang diajarkannya dengan perkembangan jaman. Dan, hal inilah yang sebenarnya mendasari jawaban “ya”.

Nah, karena MK softskill yang dipelajari saat ini adalah tentang telematika, maka saya akan membahas tentang telematika saja. Telematika itu adalah salah satu bidang yang sangat mendukung perkembangan suatu bangsa. Karena itulah setiap warga dari bangsa tersebut diharapkan bisa menguasai, atau sedikitnya memahami, bidang tersebut. Walaupun hal itu sangat sulit bila melihat keadaan bangsa kita yang sekarang, bukan berarti hal itu tak mungkin untuk diwujudkan. Nah, hal seperti ini dimulai dari diri kita sendiri. Paling tidak itu menurut pendapatku.

MK telematika mungkin hanya dianggap sebelah mata oleh beberapa orang (yang mungkin merasa ini bukan MK kelas/MK wajib/dll), namun MK ini mendorong saya untuk lebih “melek mata” atas perkembangan telekomunikasi di Indonesia dan dunia. Dari MK inilah, saya terpicu untuk lebih mencari tahu tentang teknologi komunikasi terbaru, sistem yang sedang digandrungi, software dan hardware apa saja yang sedang “in” saat ini, dan masih banyak lagi. Walau hanya untuk memenuhi kewajiban tugas, setidaknya hal ini menimbulkan  motivasi khusus bagi saya untuk lebih menambah pengetahuan. Belum lagi bila mempertimbangakan hal-hal lainnya yang bisa didapat kemudian.

Berdasarkan dari penjelasan singkat di atas, sebenarnya bisa ditebak bahwa jawabannya lebih condong ke “ya”. Secara umum (bukan hanya mengenai telematika), MK ini sebenarnya lebih menyenangkan dibandingkan MK lainnya, karena materi yang ditawarkan dan tugas yang diberikan kepada para mahasiswa lebih dinamis dan lebih mengikuti perkembangan jaman. Mungkin hal yang harus sedikit diperbaiki adalah pemberian tema tugas dan tulisan yang harus disubmit. Selain daripada itu, menurut saya tak ada hal lain yang harus diperbaiki. Jadi, kesimpulannya, MK ini sebaiknya dipertahankan karena masih diperlukan.

Baca Juga : 

Author: 6ketr