Microsoft meluncurkan Azure Synapse Link untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan lebih cepat dari data mereka

Microsoft meluncurkan Azure Synapse Link untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan lebih cepat dari data mereka

Microsoft meluncurkan Azure Synapse Link untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan lebih cepat dari data mereka

 

Microsoft meluncurkan Azure Synapse Link untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan lebih cepat dari data mereka
Microsoft meluncurkan Azure Synapse Link untuk membantu perusahaan mendapatkan wawasan lebih cepat dari data mereka

Pada konferensi pengembang Bangunnya, Microsofthari ini mengumumkan Azure Synapse Link, layanan perusahaan baru yang memungkinkan perusahaan menganalisis data mereka lebih cepat dan lebih efisien, menggunakan pendekatan yang umumnya disebut “transaksi hybrid / pemrosesan analitis” (HTAP). Itu seteguk; pada dasarnya memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sistem database yang sama untuk beban kerja analitis dan transaksional pada satu sistem. Secara tradisional, perusahaan harus melakukan trade-off antara membangun sistem tunggal untuk keduanya yang sering kali terlalu banyak menyediakan atau mempertahankan sistem terpisah untuk beban kerja transaksional dan analitik.

Tahun lalu, pada konferensi Ignite-nya, Microsoft mengumumkan Azure Synapse Analytics , sebuah layanan analitik yang menggabungkan analitik dan pergudangan data untuk menciptakan apa yang perusahaan sebut sebagai “evolusi selanjutnya dari Azure SQL Data Warehouse.” Synapse Analytics menyatukan data dari layanan Microsoft dan layanan dari mitranya dan membuatnya lebih mudah untuk dianalisis.

“Salah satu hal utama, saat kami bekerja dengan pelanggan kami dalam perjalanan transformasi digital mereka, ada aspek yang didorong oleh data, didorong oleh wawasan sebagai budaya, dan bagian penting dari itu adalah bahwa begitu Anda memutuskan ada sejumlah informasi atau wawasan yang Anda butuhkan, seberapa cepat Anda bisa mencapai itu? Bagi kami, waktu untuk wawasan dan elemen sekunder, yaitu biaya yang diperlukan, upaya yang diperlukan untuk membangun jaringan pipa ini dan memeliharanya dengan solusi analisis end-to-end, adalah metrik kunci yang telah kami amati selama beberapa tahun. dari pelanggan perusahaan terbesar kami, ”kata Rohan Kumar, VP korporat Microsoft untuk Azure Data.

Synapse Link mengambil pekerjaan yang dilakukan Microsoft pada Synaps Analytics selangkah lebih maju dengan menghilangkan penghalang antara database operasional Azure dan Synapse Analytics, sehingga perusahaan dapat segera mendapatkan nilai dari data dalam database tersebut tanpa melalui gudang data terlebih dahulu.

“Apa yang kami umumkan dengan Synapse Link adalah langkah besar berikutnya dalam visi yang sama yang kami

miliki untuk mengurangi waktu wawasan,” jelas Kumar. “Dan dalam kasus khusus ini, penghalang lama yang ada saat ini antara basis data operasional dan sistem analitik adalah pipa ETL (ekstrak, transformasi, muat) kompleks ini yang perlu diatur agar Anda dapat melakukan pelaporan operasional dasar atau di mana, dengan cara yang sangat konsisten secara transaksi, Anda perlu memindahkan data dari sistem operasional Anda ke sistem analitik, karena Anda tidak ingin memengaruhi kinerja sistem operasional dengan cara apa pun karena itu biasanya berurusan dengan, tergantung pada sistem, jutaan transaksi per detik. ”

Pipa ETL, Kumar berpendapat, biasanya mahal dan sulit untuk dibangun dan dipelihara, namun perusahaan sekarang membangun aplikasi baru – dan bahkan mungkin lini aplikasi mobile bisnis – di mana tindakan apa pun yang dilakukan konsumen dan yang terdaftar dalam basis data operasional segera tersedia untuk analitik prediktif, misalnya.

Dari perspektif pengguna, mengaktifkan ini hanya membutuhkan satu klik untuk menghubungkan keduanya, sementara itu menghilangkan kebutuhan untuk mengelola jaringan pipa data tambahan atau sumber daya basis data. Itu, kata Kumar, selalu menjadi tujuan utama bagi Synapse Link. “Dengan satu klik, Anda harus dapat mengaktifkan analitik waktu-nyata pada data operasional Anda dengan cara yang tidak berdampak pada sistem operasional Anda, jadi Anda tidak menggunakan bagian penghitungan sistem operasional Anda untuk melakukan permintaan, Anda benar-benar harus mengubah data menjadi format kolom, yang lebih mudah beradaptasi untuk analitik, dan itu benar-benar apa yang kami capai dengan Synapse Link. ”

Karena sistem HTAP tradisional di tempat biasanya berbagi sumber daya komputasi mereka dengan database

operasional, sistem tersebut tidak pernah lepas landas, kata Kumar. Namun, di cloud, dengan Synapse Link, dampak itu tidak ada karena Anda berurusan dengan dua sistem terpisah. Sekarang, setelah transaksi dilakukan ke basis data operasional, sistem Synapse Link mengubah data menjadi format kolom yang lebih dioptimalkan untuk sistem analisis – dan melakukannya secara real time.

Untuk saat ini, Synapse Link hanya tersedia bersama dengan database Microsoft Cosmos DB. Seperti yang Kumar

katakan kepada saya, itu karena di situlah perusahaan melihat permintaan tertinggi untuk layanan semacam ini, tetapi Anda dapat mengharapkan perusahaan untuk menambahkan dukungan untuk tersedia di Azure SQL, Azure Database untuk PostgreSQLdan Azure Database untuk MySQL di masa depan.

Baca Juga:

Author: 6ketr