KIAT MENULIS JURNAL ILMIAH

6 KIAT MENULIS JURNAL ILMIAH AGAR TERINDEKS SCOPUS

Banyak mahasiswa kendala menulis jurnal ilmiah. Apa lagi andai jurnal ilmiah itu harus dipublikasikan dan terindeks scopus. Ada tidak sedikit hal yang mesti diacuhkan jika anda menginginkan jurnal yang anda buat terindeks secara nasional dan internasional. Berikut ini ialah 6 teknik yang dapat kamu coba supaya bisa mencatat jurnal ilmiah terindeks scopus.

Ketahui siapa pembacanya
Jika kamu hendak menulis jurnal ilmiah yang terindeks scopus, anda harus menilai jenis pembacanya. Hal ini bertujuan supaya tulisan anda tepat sasaran. Di samping itu, kamu dapat tahu ke mana anda akan mengantarkan jurnal ilmiah serta mengakomodasi minat pembaca supaya tertarik dengan jurnal ilmiah yang anda buat.

Ketika anda memilih tempat anda akan mengeluarkan jurnal, kamu pun akan lebih konsentrasi untuk mencatat sesuai dengan topik yang bakal dibahas.

Mulai dengan mencatat topik yang sangat mudah
Agar artikel ilmiah kamu dapat dipublikasikan anda harus mulai mencatat dulu. Jurnal ilmiah yang telah sukses dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional tidak selalu bersangkutan dengan teknologi terbaru. Kamu mesti berinovasi dalam masing-masing topik penulisan. Di samping itu, kamu pun harus mencermati bentuk jurnal. Biasakan mencatat dengan optimal dalam segi bentuk dan konten. Konten dari topik pun harus berguna untuk pembacanya.

Koreksi terus tulisan
Kiat lain mencatat jurnal ilmiah supaya terindeks scopus ialah selalu mengoreksi masing-masing tulisan ilmiah yang dibuat. Semakin sering anda mengoreksi artikel yang anda buat, tulisan anda akan lebih baik., baik dari sisi isi atau bentuk penulisan. Tulisan anda akan tampak lebih estetis dan teratur dengan sering mengerjakan koreksi terus-menerus. Kamu dapat mengoreksi tulisan anda sendiri atau meminta pertolongan teman guna mengoreksinya.

Tingkatkan kualitas penulisan jurnal ilmiah
Kesempatan guna memublikasikan jurnal yang anda tulis dan terindeks scopus dapat kamu kerjakan dengan menambah kualitas penulisannya. Untuk menambah kualitas dari jurnal yang akan anda tulis, anda harus meyakinkan inti riset secara komprehensif di abstrak artikel kamu.

Jurnal ilmiah juga seringkali memiliki bentuk penulisan. Kualitas tulisan anda akan tampak dari konten dan kepatuhan dalam menyebutkan bentuk tulisan yang diminta. Pergunakan tidak sedikit teori dari para berpengalaman untuk mendukung gagasan dalam konten jurnal yang anda tulis. Jangan lupa guna mencantumkan susunan pustaka yang teranyar dengan bentuk penulisan susunan pustaka yang diminta.

Perhatikan standarisasi penulisan
Kiat lain guna dapat mencatat jurnal ilmiah dan dipublikasikan ialah dengan menyimak standarisasi penulisan. Sebelum anda mengirimkan jurnal, pastikan pun standar penulisan di jurnal anda sesuai dengan persyaratan dari lokasi publikasi jurnal. Reviewer atau editor bakal melihat pantas atau tidaknya jurnal kamu dapat dipublikasikan atau tidak.

Pastikan pun kamu tidak mengantarkan hasil riset di tulisan anda di dua jurnal dalam masa-masa yang sama. Di samping itu, mohon teman anda untuk melakukan penilaian terhadap standar penulisan dalam jurnal ilmiah yang akan anda kirimkan.

Hindari plagiarisme
Salah satu teknik yang mesti anda perhatikan untuk mencatat jurnal ilmiah ialah menghindari plagiarisme. Plagiarisme ialah hal yang sangat dilarang dalam artikel ilmiah. Hindari mencatat tulisan tanpa menyebutkan sumber referensi. Kamu juga dapat menyiasati tulisan anda dengan memparafrasakan kalimat demi kalimat dengan kalimatmu sendiri. Jangan lupa cek tulisan anda dengan aplikasi plagiarisme. Pastikan seluruh tulisan tidak terdeteksi plagiat di aplikasi plagiarisme. Sumber : www.pelajaran.co.id/

Author: 6ketr