Hanya Diwakili Satu Sekolah

Hanya Diwakili Satu Sekolah

Hanya Diwakili Satu Sekolah

Hanya Diwakili Satu Sekolah
Hanya Diwakili Satu Sekolah

PADALARANG – Sebanyak lima sekolah tingkat SMA/SMK di Bandung Barat mengikuti

kegiatan Bandung Student Company Competition 2016. Kelima sekolah itu diantaranya, SMKN 4 Padalarang, SMAN 1 Lembang, SMK 45 Lembang, SMAN Batujajar dan SMAN Cisarua. Rencananya, dari lima sekolah tersebut akan dipilih satu sekolah yang berkompetisi di Nasional.

Menurut Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bandung Barat Hasanudin, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal menghasilkan produk (kreativitas).

”Selain menghasilkan produk, lanjut dia, para siswa juga dilatih dalam hal memasarkan,” Kata Hasanudin kepada wartawan di Padalarang, kemarin (3/8).

Diakui olehnya, kegiatan ini untuk membentuk jiwa entrepreneur bagi para siswa.

Di mana produk yang dihasilkan berbeda dengan lainnya. Dalam kompetisi ini, dituntut untuk bisa mempresentasikan produknya dihadapan para juri dengan Bahasa Inggris.

Di tahun lalu, SMKN 4 Padalarang berhasil mewakili Bandung Barat ditingkat Nasional. Pada tahun ini SMKN 4 Padalarang kembali mengikuti. Diakui olehnya, kerjasama dengan yayasan Prestasi Junior Indonesia (PJI) merupakan kali kedua.

Dia berharap pada tahun akan ada sekolah yang menjadi perwakilan Bandung Barat kembali. ”Harapan kita anak-anak dari 5 sekolah ini bisa lolos untuk mewakili ke tingkat nasional dan kerjasama ini bisa terus berlanjut” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua PJI Robert Gardiner menuturkan, selama 9 tahun terakhir PJI berfokus

pada peningkatan kemampuan kewirausahaan muda. Kompetisi tingkat regional memberikan pengalaman yang luar biasa bagi setiap peserta.

”Produk yang menjadi pemenang ditingkat nasional nantinya akan berkehormatan mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat Asia Fasifik di Tokyo pada Februari 2017 mendatang,” paparnya.

Dikatakannya, pengalaman ini untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun kepercayaan diri. Tidak lupa juga, membuka pintu para siswa yang telah lulus sekolah untuk memulai bisnis sendiri. Sehingga diharapkan dapat mencapai kesejahteraan ekonomi.

”Kegiatan ini didukung juga oleh Citi Indonesia agar para siswa bisa mengembangkan kewirausahaan,” pungkasnya.

 

Baca Juga :

 

 

Author: 6ketr