Binter Merzy Chopper, Hasil dari Diskusi Panjang

Binter Merzy atau Kawasaki KZ200 mempunyai mesin yang disukai oleh tidak sedikit pencinta motor custom. Salah satunya ialah pemilik motor chopper yang dikerjakan oleh Sisi Custom ini.

Beberapa orang berasumsi bahwa suara yang didapatkan oleh mesin KZ200 laksana motor gede (moge) Eropa. Maka itu, tidak sedikit yang memakai motor ini sebagai basis motor custom.

Jengki, builder dari Sisi Custom yang bertempat di wilayah Denpasar, Bali, mengatakan, gaya chopper dipilih guna menyesuaikan dengan permintaan konsumen alias si empunya motor. Di samping itu, chopper pun masih menjadi tren di kalangan pencinta motor custom.

Namun, menurut keterangan dari Jengki, tidak mudah pun proses penggabungan ide sampai akhirnya motor itu jadi laksana ini.

“Soal pemilihan konsep, ini sebelumnya melewati sebuah diskusi yang cukup rumit. Si empunya motor inginkan memadukan sejumlah konsep motor yang telah ada,” ujar Jengki, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jengki menambahkan, urusan itu otomatis menimbulkan sejumlah kendala dalam menuntaskan konsep tersebut sendiri. Namun, Sisi Custom sukses membangun motor bergaya chopper ini dalam waktu selama 4 bulan.

“Kesulitan terbesar terdapat pada ketika proses memadukan dan memadankan mesin dengan rangka. Sebab, dimensi mesin yang tidak begitu besar lumayan memberikan kendala dalam menciptakan tampilannya jadi padat berisi, tetapi tetap tampak menarik,” kata Jengki.

Binter Merzy bergaya chopper ini pun pernah diikutkan dalam ajang Kustomfest 2019 di Yogyakarta.

Data spesifikasi Binter Merzy chopper oleh Sisi Custom:
Pelek depan: Aftermarket, ring 18
Pelek belakang: Aftermarket, ring 16
Ban depan: Shinko E270, 18-400
Ban belakang: Shinko E270, 16-500
Lampu depan dan belakang: Aftermarket
Rangka: Custom Tangki: Custom Sissy
bar: Custom Setang: Custom
Knalpot: Custom

Sumber:

Author: 6ketr