5 Cara Mengatasi HP Android: Sering Lag, Macet, Ngehang

5 Cara Mengatasi HP Android Sering Lag, Macet, Ngehang

5 Cara Mengatasi HP Android: Sering Lag, Macet, Ngehang

 

5 Cara Mengatasi HP Android Sering Lag, Macet, Ngehang
5 Cara Mengatasi HP Android Sering Lag, Macet, Ngehang

Android siapa sih yang gak punya jenis ponsel yang satu ini, ponsel yang paling banyak digunakan oleh seluruh dunia. Sistem operasi yang berbasis Linux, dengan dukungan berbagai aplikasi dan fitur yang tersedia. Tak heran jika banyak orang yang memilih android sebagai ponsel yang selalu menemani aktivitas seseorang termasuk dalam bekerja.

Ada banyak aplikasi yang dapat di install, namun ada masanya Ponsel yang ngelag sering membuat kita sebal dan juga jengkel. Karena jika ponsel ngelag atau sering macet kinerja ponsel akan sangat terganggu, digunakan tidak nyaman juga tidak enak digunakan. Ponsel yang ngelag juga bisa menghambat pekerjaan seseorang.

Banyak sekali pekerjaan yang dapat terganggu jika ponsel ngelag atau macet, seperti bermain game menjadi terhambat, browsing / mengakses internet menjadi terhambat, atau mungkin anda sedang selfie tiba-tiba ponsel macet tentunya anda sangat jengkel bukan ?

Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan ponsel macet seperti pemaksaan kinerja dalam hal ini mungkin isi / kapasitas ponsel melebihi spesifikasi ponsel tersebut.

Cara Mengatasi Android Ngelag, Macet dan Ngehang

Daftar Isi

Cara Mengatasi Android Ngelag, Macet dan Ngehang
1. Hapus Cache Aplikasi
2. Kenali Spesifikasi Ponsel Anda
3. Menghapus Aplikasi & Game yang tidak terlalu penting
4. Update Sistem Operasi Android
5. Factory Reset / Reset Ulang / Reset Pabrik

Kali ini saya akan memberitahukan cara mengatasi hp android yang ngelag / macet dengan ampuh, untuk lebih jelasnya silahkan praktekan dan ketahui cara memperbaiki android yang ngelag.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache dan history yang terlalu banyak bisa juga membuat ponsel lemot, tentunya dapat memperlambat kinerja browsing dan juga dapat menghambat anda dalam mengakses internet. Cobalah hapus semua cache dan history pada browser anda agar kinerja browser maupun ponsel dapat membaik.

Baca Juga: Cara Hapus Cache Aplikasi Android.

2. Kenali Spesifikasi Ponsel Anda

Mengapa mengenali spesifikasi itu penting ? karena spesifikasi seperti memperkenalkan isi / kapasitas hp itu sendiri jika kita paham dan juga memakai panduan spesifikasi ponsel kita tidak akan melebihi kapasitas dan jika tidak melebihi kapasitas tentu saja ponsel menjadi seimbang dan tidak terlalu berat untuk berkinerja.

3. Menghapus Aplikasi & Game yang tidak terlalu penting

Seperti yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya, pahami spesifikasi. Jika memang ponsel anda sudah kelebihan muatan maka yang harus dilakukan adalah hapus aplikasi / game yang tidak terlalu dibutuhkan dengan menghapus aplikasi maka mengurangi ruang pada ponsel sehingga kinerja mungkin akan lebih membaik karena ponsel menjadi lebih seimbang.

4. Update Sistem Operasi Android

OS juga bisa berpengaruh terhadap ponsel, bayangkan saja lebih nyaman menggunakan versi lawas / baru ? tentunya baru bukan ? Jika ponsel anda lemot dan beberapa cara diatas sudah dilakukan tetapi belum ampuh juga silahkan update OS android anda siapa tau kinerja ponsel bisa menjadi lebih membaik.

5. Factory Reset / Reset Ulang / Reset Pabrik

Ini adalah cara terakhir yang terampuh untuk dilakukan kegunaan factory reset adalah mereset hp seperti pada keadaan saat pertama kita membelinya. Tentunya saat hp kita baru masih ringan bukan ? Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil silahkan coba cara ini saya yakin bahwa ponsel menjadi lebih baik dan tentunya seperti baru lagi.

Nah itu tadi diatas adalah cara mengatasi ponsel yang ngelag / macet, semoga cara diatas bisa membantu kalian semua dan semua ponsel anda menjadi tidak ngelag lagi. Semoga menambah ilmu dan bermanfaat. Selamat mencoba ya, jika masih ada langkah / tahap yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan.

Baca Juga:

 

 

Author: 6ketr