UNPAD Umumkan Seleksi SNMPTN

UNPAD Umumkan Seleksi SNMPTN

UNPAD Umumkan Seleksi SNMPTN

UNPAD Umumkan Seleksi SNMPTN
UNPAD Umumkan Seleksi SNMPTN

Siswa kelas 3 SMA dan setara sudah bisa melihat pengumuman hasil SNMPTN Universitas Padjajadarn (UNPAD) sejak hari ini, Jumat (22/3/2019).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Dr. Arry Bainus, M.A., mengatakan, sebanyak 1.517 orang diterima di Unpad melalui jalur SNMPTN. Jumlah yang diterima ini sesuai dengan persentase penerimaan mahasiswa baru Unpad via jalur SNMPTN, yaitu 25% dari total daya tampung.

“Ada beberapa program studi di Unpad yang memiliki tingkat keketatan tertinggi se-Indonesia,” katanya melalui siaran pers Kantor Komunikasi Publik Unpad, Jumat (22/3).

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada 20 prodi dari kelompok Saintek dan 20 prodi dari kelompok Sosiohumaniora dengan tingkat keketatan tertinggi se-Indonesia.

Untuk kelompok Saintek, prodi Teknik Informatika Unpad menduduki prodi dengan tingkat keketatan tertinggi se-Indonesia. Persentase yang diterima adalah 1,39% dari total pendaftar. Prodi lain di Unpad yang masuk 20 prodi terketat se-Indonesia adalah Farmasi, Psikologi, dan Ilmu Keperawatan.

Sementara untuk kelompok Sosiohumaniora, prodi Manajemen dan Ilmu Komunikasi Unpad masuk ke dalam 20 prodi terketat Sosiohumaniora se-Indonesia.

“Ini menunjukkan bahwa daya kompetitifnya hebat,” ucap Dr. Arry.

 

Dr. Arry mengimbau agar peserta yang lulus SNMPTN untuk mengambil dan melaksanakan registrasi. Peserta yang tidak melakukan registrasi dinyatakan mundur dari SNMPTN. “Ini juga akan berdampak pada kelulusan adik kelasnya di tahun mendatang,” imbuhnya.

Selain itu, peserta yang sudah lulus di SNMPTN tidak bisa melakukan pendaftaran di SBMPTN. Sistem akan otomatis memblokir peserta yang lulus SNMPTN untuk mendaftar jalur SBMPTN.

Meski demikian, peserta yang lulus SNMPTN berhak mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

 

Setelah dinyatakan lulus di Unpad, peserta wajib melengkapi biodata yang tersedia di laman http://pengumuman.unpad.ac.id mulai tanggal 26 Maret hingga 1 April 2019 pukul 17.00 WIB. Peserta juga wajib mengirim berkas fotokopi legalisasi rapor cap pos ke PO BOX 45363 Cikeruh Jatinangor Sumedang antara tanggal 1 sampai 8 April 2019.

Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk peserta non Bidikmisi mulai dapat diunduh pada 2 Mei 2019 setelah masa pengisian biodata. Pembayaran UKT bisa dilakukan lewat perbankan mitra Unpad pada tanggal 2 – 8 Mei 2019. Jo

Registrasi administratif bagi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN akan dilaksanakan pada 9 Mei 2019. Persyaratan yang harus dibawa pada saat registrasi adalah sebagai berikut:

 

Menyerahkan Kartu Peserta SNMPTN;

Menyerahkan Formulir Hasil Pengisian Biodata Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran.
Menyerahkan Formulir Hasil Pengisian Biodata Orang tua/wali Calon Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran.
Bagi peserta Non Bidikmisi menyerahkan Formulir Kesanggupan Untuk Membayar Biaya Pendidikan yang telah ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (format dapat diunduh);
Bagi peserta non Bidikmisi menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank;
Menunjukkan Ijasah Asli SMA/MA/SMK/setara dan menyerahkan fotokopi yang telah dilegalisir 1 (satu) lembar;
Menunjukkan Rapor Asli SMA/MA/SMK/setara;
Menunjukkan Akte Kelahiran dan menyerahkan fotokopi 1 (satu) lembar;
Menyerahkan Surat Pernyataan bersedia mentaati peraturan yang berlaku di Universitas Padjadjaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000 (format dapat diunduh);
Menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
Menyerahkan Surat Keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Kedokteran Gigi, Psikologi, Peternakan, Keperawatan, Teknologi Industri Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Farmasi, dan Teknik Geologi;
Bagi Warga Negara Asing (WNA) harus menunjukkan paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Surat Izin Belajar dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta menyerahkan fotokopi 1 (satu) lembar (Ukuran A4);

Menyerahkan pasfoto 3×4 cm berwarna dan hitam putih masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar;

Menyerahkan Fotokopi Kartu Peserta BPJS (bagi yang telah memiliki) sebanyak 1 (satu) lembar;
Menyerahkan form check list persyaratan mahasiswa baru (format dapat diunduh);
Menyerahkan surat pernyataan tidak mengikuti SBMPTN 2019 yang telah ditandatangani diatas materai Rp.6.000 (format dapat diunduh);
Tidak diwakilkan dan berpakaian formal.

 

Sumber :

https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/habitat-tumbuhan-paku/

Author: 6ketr