Tips Pendidikan Gender Bagi Anak Usia Dini

Dalam kehidupan, pendidikan memang menjadi suatu aspek yang sangat penting. Pendidikan menjadi salah satu langkah yang sangat baik untuk mengarungi hidup di masa depan nantinya. Mengenai soal pendidikan memang ada banyak cabang – cabang pendidikan yang dapat dipelajari dan disesuaikan serta minat dan kompetensi masing – masing orang.

Tips Pendidikan Gender Bagi Anak Usia Dini
Tips Pendidikan Gender Bagi Anak Usia Dini

Hanya saja soal pendidikan tentu tak hanya pendidikan umum saja yang sangat penting bagi setiap orang karena pendidikan gender juga menjadi langkah yang sangat penting bagi anak dan juga sangat penting dilakukan sejak anak berada di bangku usia dini. Hal ini agar nantinya anak bisa tahu bagaimana pergaulan antar gender dan agar bisa lebih nyaman dalam dunianya di masa depan. Lantas seperti apa tips pendidikan gender bagi anak usia dini?

Tips Pendidikan Gender Bagi Anak Usia Dini

Berikan pilihan bermain

Anda dapat secara bebas untuk memberikan tawaran berbagai macam pilihan dan juga kesempatan bermain untuk semua anak laki – laki dan juga anak perempuan. Mulai dari bermain truk sampai boneka. Anda dapat mendorong anak – anak mencoba mainan dan juga kegiatan yang berbeda agar dapat melihat minat apa yang sebenarnya mereka sukai.

Dukung kepentingan anak Anda

Mendukung kepentingan anak juga menjadi sebuah aspek yang sangat penting. Jika nantinya seorang anak tertarik pada katak, Anda juga dapat membantu mempelajari lebih lanjut tentang seperti apa katak tumbuh dan dimana mereka tinggal atau yang lain. Yang jelas disini peran orang tua dalam pendidikan gender adalah memberikan dukungan dan pengarahan kepada anak.

Jangan memaksa

Misalkan jika anak laki – laki Anda ternyata suka menari. Berikan dia kesempatan luas untuk menari dan jangan paksa mereka pindah aliran karena akan membuat mereka merasa dibedakan dan berujung pada keputusasaan. Anda juga dapat mencoba berbaur dalam permainan mereka. Kemudian tunjukkan pada mereka bahwa tak ada batas untuk melakukan semua permainan dan tak ada perbedaan jenis kelamin asalkan mereka tahu batasan yang terbaiknya dan tidak bersikap kontra dengan kelamin mereka.

Jangan menggunakan kata gender ketika anak mengalami masalah

Ketika Anda dapati anak – anak yang bermasalah upayakan jangan pernah Anda katakan kalimat gender pada mereka. Misalkan ketika anak laki – laki suka main boneka. Jangan Anda bilang “Jangan mainan boneka itu untuk anak perempuan”. Ini adalah hal yang perlu dihindari karena menurut penelitian jika orang tua melakukan hal ini maka anak akan stereotip gender ketika sudah dewasa nantinya.

Sudah tahu bukan bunda seperti apa tipsnya dalam pendidikan gender anak? Semoga informasi diatas tentang Tips Pendidikan Gender Bagi Anak Usia Dini bermanfaat. Dan selamat mencoba. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/

 

Author: 6ketr