Tips Mengajarkan Anak Bergerak Aktif untuk Cegah Obesitas Dini

Beberapa waktu ini Indonesia telah dihebohkan dengan berita anak penderita obesitas. Bobot tubuh anak yang bernama Arya Permana capai 192 kg misalnya. Ini terbukti tak hanya menjadikan orang dewasa saja yang bisa alami obesitas, anak-anak juga bisa alaminya.

Tips Mengajarkan Anak Bergerak Aktif untuk Cegah Obesitas Dini
Tips Mengajarkan Anak Bergerak Aktif untuk Cegah Obesitas Dini

Obesitas pada anak ini juga dipercaya bisa timbulkan penyakit beresiko yang bisa sangat menggangu tumbuh kembang bagi anak usia dini. Agar buah hati tercinta bisa terhindar dari ancaman obesitas dini, maka Anda bisa mengajarkan sih kecil untuk aktif bergerak.

Tips ajarkan anak bergerak aktif untuk cegah obesitas dini

Membatasi menggunakan gadget

Perkembangan teknologi mau tak mau turut pengaruhi perkembangan anak. Meskipun ada banyak yang menawarkan kemudahan pada saat belajar atau bermain, terlalu banyaknya menatap layar gadget atau smartphone juga tak baik bagi kesehatan anak. Selain bisa kurangi fungsi penglihatan pada nak, yang demikian ini juga menjadikan anak Anda malas untuk lakukan aktifitas fisik yang bisa cega dirinya dari kelebihan berat badan. Mari mulai terapkan aturan screen time yang sudah disepakati bersama anak, tapi jangan lupa juga untuk menyiapkan alternatif aktifitas yang dapat dilakukan secara bersama-sama. Ajak anak Anda untuk lakukan permainan fisik yang dia suka, seperti bersepeda, bermain bola, dan lain-lain.

Buat permainan seru

Mendengarkan kata main atau pun games, umumnya sudah menjadikan anak Anda tertarik untuk mengikutinya. Silakan Anda rencanakan permainan yang libatkan kegiatan fisik, contohnya saja perburuan harta karun, ini akan menjadikan anak Anda berjalan untuk cari hadiah yang telah disembunyikan area rumah hingga halaman dengan berbekal peta yang sederhana.

Menari dengan mengikuti music

Selain kecukupan gizi, anak juga butuh sekitar 60 menit untuk aktifitas fisik di setiap harinya supaya tumbuh kembang anak bisa berjalan lebih optimal. Tak harus keluar rumah untuk lakukan olahraga, bermain bersama dengan anak Anda seperti halnya menari ikuti iringan music di setiap pagi hari bisa bantu jaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak Anda.

Aktifitas bersama-sama keluarga

Saat liburan, sesekali menjauh dari mall atai pun tempat perbelanjaan, pilih tempat yang bisa membebaskan anak Anda untuk beraktifitas fisik, mulai dari berenang, hiking bersama di sebuah perbukitan, sampai dengan sekadar berjalan-jalan atau pun bersepeda santai.

Mendorong semangat anak dengan gizi dan nutrisi yang cukup

Berbagai macam hobi untuk anak mengisi waktu luangnya. Mengapa tak mencoba untuk jadikan olahraga favoritnya sebagai hobi? Silakan Anda dukung kegiatan favorit buah hati seperti bermain basket, berenang, atau balet sebagai hobi. Bila perlu ikutkan anak Anda pada komunitas yang dapat menunjang aktifitas fisik tersebut.

Demikian tips mengajarkan anak bergerak aktif untuk cegah obesitas dini yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com

Author: 6ketr