Langkah-langkah Penelitian Geografi

Langkah-langkah Penelitian Geografi

Kamu jangan tiba-tiba ingin meneliti pengaruh berasal dari fenomena alam, jika gunung meletus, bersama kesuburan lahan pertanian sesudah fenomena berikut terjadi. Ya iya lah, kalau anda ingin meneliti tapi nggak tersedia panduannya ya bakalan sia-sia dan cuma membuang tenaga aja sih. Maka berasal dari itu, harus tersedia beberapa langkah penelitian geografi.

“Emangnya geografi termasuk meneliti mengenai faktor sosial?”

Iya. Ada fenomena fisik (berkaitan bersama alam) dan fenomena sosial (berkaitan bersama manusia). Tapiiii….sebelum ngelakuin itu semua, anda harus studi tahapan atau langkah berasal dari sistem penelitian itu sendiri. Apa saja ya langkah-langkahnya?

Bagian ini jadi bagian yang nggak bisa terpisahkan seperti Dilan dan Milea. Kenapa? Penelitian yang memiliki kualitas itu ditentukan oleh mutu pertanyaan yang diajukan. Kayak gini deh, anda rela membeli Handphone, pasti lihat casingnya dulu kan, tampilannya dulu gitu. Kalau bagus, wah pasti bagus termasuk nih kebolehan Handphone itu bikin main Tiktok (tapi udah diblokir), main PUBG, atau mobile legend.

Ada beberapa syarat yang bisa jadi acuan mutu berasal dari pertanyaan penelitian

1. Adanya data atau informasi untuk menjawab

2. Data bisa diperoleh melalui metode ilmiah

3. Memenuhi syarat orisinalitas

4. Memberi kegunaan teoritik bagi pengetahuan pengetahuan

5. Menyangkut isu hangat

6. Perlu pemecahan segera, tapi jawabannya belum diketahui masyarakat luas

7. Masalah diajukan

Namanya kan penelitian ya jadi harus tersedia data. Data harus didapat sesudah itu diolah cocok bersama tujuannya. Kegiatan pengumpulan data itu mencari data di lapangan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan dan kasus penelitian. Lalu, kegiatan memproses data ialah sistem manupulasi data ke bentuk yang lebih informatif.

Setelah seluruh data anda dapetin nih, anda bisa lakuin asumsi data geografis. Apa sih asumsi data geografis itu? Analisis data penelitian geografis merupakan sistem penyelidikan suatu fenomena untuk mengerti kondisi yang sebenarnya. Data yang udah didapat sesudah itu diolah dan dikaji kelayakannya. Ada empat macam bentuk asumsi data geografis. Apa saja bentuknya?

1. Analisis Kualitatif

Analisis kualitatif mengarah terhadap deskripsi fenomena geosfer. Baik di bidang geografi disik atau geografi sosial. Pada bidang geografi fisik dijelaskan tanda-tanda berupa fisik seperti sistem terjadinya georis, pergantian pola aliran sungai. Kalau bidang geografi sosial lebih mengutamakan terhadap fenomena sosial seperi penyebab berjalan pindahan penduduk.

2. Analisis Kuantitatif

Analisis kuantitatif ini merupakan asumsi yang memecahkan kasus bersama tiga metode yakni berupa asumsi keruangan, asumsi ekologi, dan asumsi kompleks wilayah. Metode berikut dikatakan miliki cii-ciri kuantitatif gara-gara data yang didapatkan didalam penelitian udah terukur dan miliki nilai.

3. Analisis Penginderaan Jauh

Manfaat berasal dari asumsi ini ialah bisa lihat deskripsi bentuk permukaan bumi dan informasi-informasi mengenai aneka objek yang tersedia di dalamnya. Lebih hebatnya kembali nih Squad, kami bisa mengerti lho kondisi suatu daerah penelitian tanpa jalankan kontak secara langsung.

4. Analisis SIG (Sistem Informasi Geografis)

Tahu Sistem Informasi Geografis (insert link SIG) kan? Nah SIG itu sendiri merupakan sistem asumsi berasal dari data geografi yang berbasis komputer. faedah SIG ini bisa perlihatkan lokasi hasil penelitian

Analisis data? Sudah selesai. Sekarang saatnya sebabkan la

poran penelitian. Bisa kan ya? Gampang kok. Laporan penelitian kan cuma terbagi jadi bagian utama, pembuka, isi, penutup. www.biologi.co.id

Nah, yang bakal diinfokan disini ialah bagian berasal dari tiap-tiap bagian tadi.

Bagian pembuka terdiri dari

a. halaman judul penelitian;

b. halaman pengesahan;

c. kata pengantar;

d. abstrak;

e. daftar isi;

f. daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Bagian mengisi terdiri dari:

a. bab I Pendahulan;

b. bab II Tinjauan Pustaka;

c. bab III Metode Penelitian; dan

d. bab IV Pembahasan.

Bagian Penutup terdiri dari:

a. bab V Simpulan dan Saran;

b. Daftar Pustaka; dan

c. Lampiran.

Author: 6ketr