Kurikulum, Jembatan Mutu Pendidikan

Kurikulum, Jembatan Mutu Pendidikan

Kurikulum jembatan mutu pendidikan – Pada hakikatnya, menambah mutu pendidikan sesungguhnya adalah usaha untuk mendekatkan manusia pada sumberdaya manusia yang berkualitas. Dengan demikianlah terdapat keterkaitan segera antara mutu pendidikan bersama mutu sumberdaya manusia.

Dalam konteks pembangunan Indonesia, sumberdaya manusia yang berkualitas adalah manusia yang mempunyai kebolehan intelektual, emosional dan berketerampilan yang handal. Kemampuan intelektual meliputi kebolehan didalam penguasaan ilmu ilmu dan teknologi.

Sementara itu kebolehan emosional terdiri dari keimanan dan ketaqwaan, sikap mandiri, telaten dan peka pada segala bentuk perubahan. Dengan demikianlah lembaga pendidikan sebagai wahana untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas kudu mampu beri tambahan bekal kebolehan tersebut.

Jembatan penghubung mutu pendidikan bersama sumberdaya manusia adalah kurikulum pendidikan. Upaya untuk menambah mutu pendidikan diwujudkan didalam kurikulum pendidikan. Kurikulum berikut kudu relevan bersama tuntutan pertumbuhan ilmu ilmu dan teknologi.

Mampu menjawab dinamika dan masalah pembangunan yang tengah dihadapi. Sesuai bersama nilai-nilai luhur dan kepribadian bangsa. Mengakomodasi segala bentuk nilai seni dan budaya bangsa.

Tentunya, kurikulum 2013 diinginkan mampu mengakomodir semua faktor keperluan mengenai bersama peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Jika tidak, tersedia harapan kurikulum ini dapat mengalami nasib yang serupa bersama kurikulum sebelumnya. Terpaksa “diutak-atik” di tengah perjalanan bersama alasan penyempurnaan.

Baca Juga :

Author: 6ketr