Kupasan Tentang Elemen-Elemen dari Motivasi

Kupasan Tentang Elemen-Elemen dari Motivasi

Kupasan Tentang Elemen-Elemen dari Motivasi
Pada dasarnya, stimulan memiliki dua elemen, yakni elemen di dalam (inner component) dan elemen luar (outer component).

a. Elemen di dalam (Inner component)
Elemen di dalam ini berupa perubahan yang terjadi di di dalam diri seseorang, berupa keadaan tidak puas, atau ketegangan psikologis. Rasa tidak senang atau ketegangan psikologis ini sanggup timbul oleh gara-gara keinginan-keinginan untuk memperoleh penghargaan, pengakuan serta beraneka macam kebutuhan lainnya.

b. Elemen Luar (outer component)
Elemen luar dari stimulan adalah tujuan yang menginginkan dicapai oleh seseorang. Tujuan itu sendiri berada di luar diri seseorang itu, namun mengarahkan tingkah laku orang itu untuk mencapainya. Seseorang yang diibaratkan membawa kebutuhan akan penghargaan dan pengakuan, maka timbullah tujuan untuk mencukupi kebutuhan itu.

Peristiwa terbentuknya elemen di dalam dan lemen luar terhadap stimulan adalah serempak, elemen yang satu mendahului, langsung sesudah itu diikuti oleh elemen yang lain. Sebagai contoh, Jane yang memiliki kebutuhan untuk dihargai dan dianggap oleh teman-temanya (the inner component) yang sanggup dipenuhi dengan beraneka cara (sebagai goals atau outer components). Ia mengambil kepuasan untuk mencukupi kebutuahannya (inner component) dengan jalur menulis sebuah artikel dengan tujuan agar teman-teman sekelasnya memberi pengakuannya (the outer component).

Dari uraian di atas sanggup kita ketahui, bahwa sesudah terbentuk elemen dalam, sanggup langsung disusul dengan terbentuknya elemen luar. Dengan perkataan lain, di di dalam stimulan terjadi peristiwa yang terjadi secara berurutan, elemen di dalam mendahului elemen luar. Namun sanggup terhitung terjadi, elemen luar timbul mendahului elemen dalam. Hal paling akhir ini terjadi di di dalam stimulan ekstrinsik, biarpun terhadap awalannya elemen luar hanya bermanfaat sebagai perangsang munculnya elemen dalam.

c. Tujuan dan Motivated States
Sederhananya kita sudah membahas hubungan antara “the motivated state” seseorang dan tingkah laku mencapai tujuannya. Karena tiap tiap orang sanggup memicu reaksi-reaksi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, manfaat mengurangi ketegangan psikologisnya. Dalam banyak hal, orang sanggup memakai beraneka cara untuk mencukupi kebutuhannya, dengan pilih tujuan-tujuan yang susah dicapai. Jika seseorang tidak berkemampuan atau tidak menemukan cara untuk mencapai tujuan tertentu, maka kebutuhannya untuk mencapai tujuan itu tidak terpenuhi.

Jika tujuan tercapai, maka individu menjadi puas. Dalam mencapai bisnis mencapai tujuan, seseorang memperkirakan suatu tujuan untuk mencukupi kebutuhannya, dan perkiraan itu sanggup benar atau sanggup terhitung kurang benar.

d. Pemenuhan Kebutuhan dan Reinforcement Tingkah Laku
Penting terhitung untuk dicatat tentang akibat-akibat pencapaian tujuan terhadap tingkah laku individu. Tingkah laku yang mencukupi kebutuhan, cenderung untuk diulangi andaikata kebutuhan itu ditimbulkan. Tingkah laku yang membawa ke arah tercapainya tujuan, diperkuat (reintorced), yakni bilamana seseorang di stimulan kembali dengan cara yang sama, maka tingkah laku itu terjadi lagi.

Guru kerap menghadapi tingkah laku-tingkah laku kelas yang tidak sanggup diterangkan dan susah diatasi gara-gara tingkah laku itu sudah diperkuat untuk mencukupi kebutuhan tertentu. Anak yang selamanya berbicara di kelas, kerap mengganggu ketenangan kelas mungkin berupaya mencukupi kebutuhan untuk memperoleh perhatian. Bila tingkah lakunya menarik perhatian, maka kemarahan dan teguran dari guru amat berpengaruh.

Apalagi di dalam situasi-situasi yang agaknya mengimbuhkan “reward” bagi seorang anak, kecenderungan tingkah laku sanggup dipelajari, gara-gara kebutuhan anak itu terpenuhi dengan cara-cara lain andaikata dengan memberi pujian, penghargaan terhadap peranan-peranan tertentu.

Demikianlah ulasan tentang “Kupasan Tentang Elemen-Elemen dari Motivasi”, yang terhadap peluang kali ini sanggup dibahas dengan lancar. Semoga bermanfaat dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih anda selamanya berkunjung

Baca Juga :

Author: 6ketr